Cara Kemoterapi, Apakah Selalu Menyakitkan?

cara kemoterapi

Cara kemoterapi ialah salah satu penyembuhan yang diandalkan guna melawan kanker. Orang yang didiagnosis kanker dan mesti menjalani proses kemoterapibarangkali akan merasa cemas akan rasa yang bakal terjadi ketika pengobatan.

Apakah proses kemoterapi kanker memunculkan rasa sakit?

Sebenarnya, urusan yang menciptakan pasien merasa sakit dan tidak nyamansekitar menjalani proses kemoterapi ialah efek samping dari penyembuhan tersebut. Namun efek samping kemoterapi pada masing-masing orang terasa berbeda-beda. Mungkin sejumlah orang akan merasakan sakit yang parah, ringan, atau bahkan tidak sakit sama sekali.

Meski begitu, kita tidak perlu cemas terhadap rasa sakit yang barangkali terjadi ketika kemoterapi. Biasanya ini tidak separah yang kita pikirkan. Justru andai semakin Anda khawatir dan khawatir, Anda bakal stres sendiri dan dapat memicu rasa sakit ketika kemoterapi berlangsung.

cara kemoterapi
Rasa Sakit Ditentukan oleh Cara Kemoterapi

Kemoterapi dilaksanakan dengan dua teknik yaitu melewati aliran darah vena (intravena) dan melewati infus dengan dua tahapan yang dipisah dengan jeda. Siklus dan masa jead inilah yang berbeda untuk setiap pasien. Hal itu akan bergantung pada tingkat dan jenis kankernya.

Rasa sakit yang hadir tergantung dengan teknik kemoterapi yang dijalani

Pengobatan ini menciptakan obat dimasukkan langsung ke dalam darah, sehinggadapat mengalir ke semua tubuh dan mematikan sel kanker di sekian banyak  sudut. Nah, guna memasukkan obat kemoterapi ada sejumlah cara yang dapat dilakukan, yakni dengan kateter intravena dan infus. Kedua teknik yang bertolak belakang ini pasti mempunyai efek samping dan dapat menimbulkan rasa sakit yang berbeda.

Pengobatan kemoterapi melewati kateter intravena menggunakan obat langsung masuk ke dalam pembuluh darah vena. Jadi, proses kemoterapi ini memakai tabung (kateter) tipis dan elastis yang dimasukkan ke pembuluh darah vena. Saat memasukkan kateter tersebut, seringkali pasien akan merasakan sedikit rasa sakit karen dampak jarum yang masuk ke dalam kulit.

Pada pasien yang teratur menjalani kemoterapi, dokter kemungkinan akan menyarankan PICC sebagai metode kemoterapinya, yakni metode memasukkan langsung obat ke pembuluh darah.

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *