Ulasan Robot SmartBird Bergerak Bagaikan Burung Untuk Misi Penyelamatan

Ulasan Robot SmartBird Bergerak Bagaikan Burung Untuk Misi Penyelamatan

Robot berbentuk binatang dapat bergerak lebih cepat dan lincah dibandingkan robot model humanoid. Robot humanoid selalu mengalami kesulitan dalam masalah keseimbangan tubuh, sedangkan robot seperti AlphaDog sangat efisien. Robot ini dapat membawa beban perlengkapan seberat 200 kg, berlari dengan empat kaki dan berkat sensor posisinya dapat juga berjalan pada tanah yang bergetar. Jika satu kakinya terpeleset AlphaDog dapat secara otomatis menyeimbangkan dirinya.

Robot ini dirakit oleh Boston Dynamics dengan bantuan dana dari militer AS. Perusahaan ini pun masih memiliki model lain, yaitu RHex berkaki enam yang dapat berjalan menembus lumpur. Sand Flea dapat melompati rintangan setinggi delapan meter dengan bantuan meriam tekanan udara. Sementara Cheetah mencatat rekor kecepatan berlari sekitar 30 kmjam. Robot laba-laba dan ikan Para ilmuwan Fraunhofer Institut for Manufacturing Engineering and Automation di Stuttgart telah merakit sebuah robot laba-laba berkaki delapan. Bagian tubuhnya dibuat dengan menggunakan printer 3D sehingga pengembangan prototipenya menjadi lebih sederhana dan murah.

Selain itu, Fraunhofer IPA juga membuat robot ikan autonom dengan metode yang sama. Bahannya terbuat dari poliamida yang tahan air dan dapat mencari arah di dalam air dengan menggunakan sensor infra merah. Software yang memakai bahasa pemograman C mensimulasikan cara berenangnya dan menggunakan ATmega8A-Microcontroller seharga US$ 2,60. Robot ikan itu sendiri secara keseluruhan membutuhkan biaya pembuatan sebesar US$28,5. Fraunhofer juga bekerja sama dalam pembuatan robot ini dengan Bionic Learning Network dari Festo.

Robot yang paling mengagumkan adalah SmartBird yang dapat meniru gerakan sayap dan karakteristik terbang burung camar dengan sangat sempurna. Namun, robot model humanoid belum sepenuhnya ditinggalkan. Badan militer AS Darpa mengadakan kompetisi pada 20122013 yang memakai robot Atlas buatan Boston Dynamics sebagai patokannya. Tujuan utama tantangan ini adalah untuk membuat robot penyelamat humanoid dari Atlas sebagai model. Robot itu nantinya diharapkan dapat melakukan pencarian di area bencana, menyingkirkan penghalang, dan mengangkut korban yang terluka.

Sumber : https://teknorus.com




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *